Satuan Acara Perkuliahan (SAP)
Kode / Nama Mata Kuliah : Akidah-Akhlak di Sekolah
dan Madrasah Revisi
ke
: -
Satuan Kredit Semester : 4 (empat) sks Tgl
revisi : -
Jurusan/prodi : PAI Tgl mulai
berlaku :13 Desember 2013
Lama pertemuan : 200 Menit per minggu Dosen
penyusun : Dr. H.Sumedi, M.Ag.
Jml Jam kegiatan laboratorium : - Menit Penanggungjawab
Keilmuan:Dr.H. Sumedi,M.Ag.
Standar Kompetensi : Setelah mengikuti kuliah Akidah-Akhlak di Sekolah dan
Madrasah, mahasiswa mampu memahami, menghayati dan mengaplikasikan akidah-akhlak di Sekolah dan Madrasah dalam kehidupan
sehari-hari.
Integrasi-Interkoneksi : Allah sebagai satu-satunya Pencipta dan Pengatur
semua makhluk sehingga tidak ada sesuatu
yang tidak terkait dengan sesuatu yang lain hanya
keterkaitannya bisa dekat dan bisa jauh.
Matakuliah pendukung
Integrasi-Interkoneksi :1. Al-Quran dan al-Hadis
2. Tasawuf
3. Teologi
4. Sosio-antropologi Pendidikan
5.
Logika
Ranah integrasi-interkoneksi :
- Filosofi :
Akhlak adalah amal. Amal bisa baik
dan bisa pula buruk. Amal yang baik maupun
yang buruk terdiri dari dua, yaitu niat dan perbuatan. Jika keduanya baik,
maka baiklah amalnya. Jika
salah
satunya, yakni niat atau perbuatannya, buruk, maka buruklah amalnya. Yang bertugas
menentukan
baik-buruknya suatu amal adalah akalnya sedangkan wahyu (al-Quran dan
al-Sunnah)
memberikan
rambu-rambu syariah sebagai petunjuk bagaimana
akal melangkah dan mengambil
keputusan.
Interaksi
antara akal dan ayat-ayat qauliyyah dan ayat-ayat kauniyyah
membuahkan dan memperkuat
keimanan.
Semakin besar seseorang menggunakan akal untuk memawahui ayat-ayat Allah, akan
semakin kuatlah iman/akidahnya dan semakin kuat iman/akidah seseorang akan semakin kuat dan
merdekalah
akalnya.
Amal yang semakin bermutu adalah indikator peningkatan iman/akidah. Amal adalah nama lain dari
akhlak.
Amal saleh adalah akhlak mulia. Akhlak (mulia) dan iman merupakan dua hal yang tak
terpisahkan. Hilang salah
satu, hilanglah yang lain.
Akhlak merupakan aktivitas internal (pekerjaan akal atau hati) maupun aktivitas eksternal yang
dilakukan oleh anggota
tubuhnya, yang bersumber dari kesadaran batinnya, yakni iman/akidah. Akhlak
berbicara baik-buruk
aktivitas lahir dan batin secara vertikal di satu sisi dan secara horizontal di
sisi lain.
Oleh krena itu, akhlak ini
erat hubungannya dengan sosiologi, antropologi, syariah, logika serta al-
Quran dan al-Sunnah yang
menjadi dasar utama akidah-akhlaq.
- Materi : al-Quran: al-Baqarah [2]:177; al-Muddatsir
74: 4; al-Qalam 68:4
Deskripsi Umum Mata
kuliah: Akidah-Akhlak di Sekolah dan
Madrasah adalah materi akidah-akhlak di sekolah dan madrasah yang
diajarkan kepada peserta didik/murid yang muslim di SD/MI, SMP/MTs, dan
SMA/MA/SMK di seluruh wilayah indonesia. Akidah-Akhlak (terpuji)
rasulullah adalah al-Quran sehingga akidah-akhlak (terpuji) dapat juga
dikatakan sebagai ibadah atau amal saleh. Akhlak
terpuji disebut juga
dengan istilah khusus, yaitu adab. Sedangkan akhlak tercela disebut maksiat.
Akhlak kadangkala diungkapkan dengan
istilah moral atau etika meskipun masing-masing mempunyai sejarah dan sumber
yang berbeda-beda tetapi semuanya menunjukkan hal yang sama. Singkatnya
akidah-akhlak (terpuji) adalah sebutan lain dari iman dan amal (saleh) yang
merupakan inti dari ajaran wahyu yang diturunkan kepada para nabi dan utusan
Allah (seperti Al-Quran dan Hadis).
Pertemuan ke-
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Aktivitas
Pembelajaran
|
Referensi
|
Ke-1-2
|
Memahami
manfaat taaruf dan wawasan orientasi akidah akhlak
|
- Mampu
mengenal kekurangan dirinya sendiri dan kelebihan orang lain
- Mampu menjelaskan orientasi mata kuliah akidah-akhlak
|
Taaruf dan
kontrak belajar
Kuliah Pengantar kepada Akidah Akhlak
|
Interactive
lecturing
|
-
QS. Al-Hujurat [49]: 13
-
Al-Kahfi [18] :60-82
|
Ke-3-4
|
Memahami pengertian
Akidah-Akhlaq
|
- Mampu mendefinisikan akidah-Akhlaq
menurut bahasa
- Mampu mendefinisikan
akidah-akhlakmenurut istilah
|
Ta’rif akidah-Akhlaq menurut
bahasa dan istilah
|
Diskusi dan
dialog
|
Jama>l Nashsha>r, Maka>nah al-Al-Akhla>q
fi> al-Fikr al-Isla>mi>
|
ke-5-6
|
Memahami kausalitas akidah-akhlak
|
- Mampu menjelaskan alur pembentykan
akidah akhlak pada seseorang
-mampu mejelaskan dinamika
akidah dan akhlak
|
Pembentukan
akidah-akhlak
|
Diskusi dan
dialog
|
Jama>l Nashsha>r, Maka>nah
al-Al-Akhla>q fi> al-Fikr al-Isla>mi>,
|
Ke-7-8
|
Memahami
beberapa konsep: tauhid, teologi, iman, akidah dan ilmu kalam
|
- Mampu membedakan konsep-konsep:
tauhid, teologi, iman, akidah, dan ilmu kalam
- Mampu menyebutkan dasar-dasar
normatif dan rasionalnya
|
Tauhid: Teologi dan Ilmu
Kalam,IMAN, AKIDAH, AKHLAK, MORAL, ETIKA, ETIKET,
DLL.
|
Diskusi
kelompok dan dialog
|
Peter Singer, Ethics, Oxford: Oxford University Press.
|
Ke-9-10
|
Memahami perbedaan
tingkatan akidah-akhlaq untuk SD/MI;SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA
|
- Mampu menjelaskan perbedaan akidah akhlak untuk
SD,SMP,SMA dan yang sederajat
- Mampu menjelaskan persamaan antara akidah-akhlak untuk SD/SMP/SMA dan yang sederajat
|
Akidah-Akhlak di SD/MI;SMP/MTs;
SMA/SMK/MA
|
Diskusi
kelompok dan dialog
|
- ‘Abba>s Mahju>b, Ushu>l al-Fikr
al-Tarbawi> fi> al-Isla>mi>, hlm.31-32.
- Achmad Farichi, Khazanah Pendidikan Agama Islam
(untuk Sekolah Dasar), Yudistira, 2006.
- Junaidi Hidayat, Ayo Memahami Akidah dan Akhlak untuk
MTs/SMP Islam, Jakarta: Penerbit Erlangga
- Syamsuri, Pendidikan Agama Islam untuk SMAkelas X,XI dan
XII, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2006
|
Ke-11-12
|
Memahami rukun
iman dan sifat-sifat Allah dan Rasul-Nya
|
-mampu Menjelaskan rukun iman
- mampu menjelaskan sifat-sifat
Allah –mampu menjelaskan sifat-sifat nabi dan rasulullah (sifat wajib, sifat
mustahil dan sifat jaiz).
|
Rukun Iman/akidah pokok dan Sifat-sifat Allah dan
Rasul-Nya
|
Diskusi
kelompok dan dialog
|
‘Izz al-Di>n, Qawa’id al-Ahka>l fi>
Masha>lih al-Ana>m, hlm. 1-170.
|
Ke-13-14
|
Membedakan
tingkatan materi akidah kepada Allah dan Hari Akhir untuk SD/SMP/SMA dan yang
sederajat
|
mampu menjelaskan akidah kepada
Allah dan hari akhir untuk masing-masing tingkat (SD/SMP/SMA dan yang
sederajat)
|
Akidah/Iman
kepada Allah dan Hari Akhir (SD/MI;SMP/MTs;
SMA/SMK/MA)
|
Diskusi
kelompok dan dialog
|
Ali Abd al-Halim Mahmud, Akhlak Mulia
diterjemahkan dari al-Tarbiyah al-Khuluqiyyah, Da>r al-Tawzi>’ wa
al-Nasyr al-Isla>miyyah, hlm. 178-139.
|
Ke-15-16
|
Memahami
pengaruh iman kepada Allah dan hari akhir pada akhlak
|
Mampu menjelaskan pengaruh iman
kepada Allah dan akhir pada akhlak
|
Pengaruh iman
kepada Allah dan hari akhir dalam akhlak
|
Diskusi
kelompok dan dialog
|
‘Izz al-Di>n, Qawa’id al-Ahka>l fi> Masha>lih al-Ana>m, hlm. 1-170.
|
Ke-17-18
|
Memahami
perbedaan antara iman kepada malaikat Allah dan nabi/rausul-Nya
|
Mampu
menjelaskan makna iman kepada malaikat dan nabi/rasul sesuai dengan tingkat
satuan pendidikan
|
Akidah/Iman
kepada Malaikat dan Nabi/Rasul (SD/MI;SMP/MTs;
SMA/SMK/MA)
|
Diskusi dan
dialog
|
Ibn Qayyim
Al-Jauziy- yah, Igha>tsah
al-laghfa>n
min Masha>yid al-Syaitha>n, hlm.
|
Ke-19-20
|
Memahami pengaruh iman kepada
malaikat dan rasul-Nya dalam pada akhlak.
|
-Mampu
menghubungkan antara iman kepada malaikat dan nabi/rasul dan akhlaq
|
Pengaruh iman kepada Malaikat dan Nabi/rasul pada akhlak
sehari-hari seseorang
|
Diskusi dan
dialog
|
Ali Abd al-Halim Mahmud,
Akhlak Mulia diterjemahkan dari al-Tarbiyah al-Khuluqiyyah, Da>r al-Tawzi>’ wa
al-Nasyr al-Isla>miyyah, hlm.84-96.
|
Ke-21-22
|
Memahami makna iman kepada
kitab Allah
|
-Mampu menjelaskan
makna iman kepada kitab Allah
- Mampu menjelaskan
isi pokok/ kandungan kitab Allah
|
Akidah/Iman
kepada Kitab Allah (SD/MI;SMP/MTs;
SMA/SMK/MA)
|
Diskusi dan
dialog
|
Ibn Taymiyyah, Mengenali
Gerak-Gerik Kalbu
hlm.1-70
|
Ke-23-24
|
Membedakan antara makna wahyu
dan pemahaman
|
-
Mampu membedakan antara pengertian wahyu dan
pemahaman (fikih)
-
Mampu bersikap secara benar kepada wahyu dan
fikih
|
Wahyu dan
dinamika Pemahaman
|
Diskusi dan
dialog
|
Ibn Qayyim
Al-Jauziy- yah, Ighatsah al-Alghfan min Masyayid al-Syaithan, hlm.1-300
|
Ke-25-26
|
Memahami qadar dan pengaruhnya pada
akhlak
|
-Mampu
menjelaskan makna qadar menurut bahasa
- mampu
mendesain masa depan kehidupannya
|
Akidah/Iman
kepada Qadar dan pengaruhnya DALAM kehidupan (SD/MI;SMP/MTs;
SMA/SMK/MA)
|
Diskusi dan
dialog
|
Ibn Qayyim
Al-Jauziy- yah, Ighatsah al-Alghfan min Masyayid al-Syaithan
|
Ke-27
|
Memahami prinsip-prinsip akhlak
terpuji
|
-
Mampu menjelaskan prinsip-prinsip akhlak terpuji
-
Mampu menjelaskan kausalitas akhlak terpuji
|
Akhlak terpuji
|
Diskusi dan
dialog
|
‘Izz al-Di>n, Qawa’id al-Ahka>l fi>
Masha>lih al-Ana>m, hlm. 1-170.
|
Ke-28
|
Memeahami kausalitas
munculnya akhlak tercela
|
-
Mampu menjelaskan sebab-sebab munculnya
akhlak tercela
-
Mampu memberikan tindakan
kuratif terhadap akhlak tercela.
|
Akhlak tercela
|
Diskusi dan
dialog
|
‘Izz al-Di>n, Qawa’id al-Ahka>l fi>
Masha>lih al-Ana>m, hlm. 1-170.
|
Daftar Referensi:
Wajib:
- Departemen Agama, Alquran dan
Terjemahnya
- Muhammad ’Abid al-Jabiri, al-’Aql al-Akhla>qi> al-’Arabi>, Beirut: 2001.
- ’Izz al-Di>n ’Abd al-Sala>m al-Sulami>, Qawa>’id
al-Ahka>m fi> Mas}a>lih} al-Ana>m, Catakan kedua, Beirut:
Da>r al-Kutub al-’Ilmiyyah,2010.
- ----------, Syajarah al-Ma’a>rif wa al-Ah}wa>l wa S>a>lih}
al-Aqwa>l wa al-A’ma>l, Bairut: Dar al-Fikr, 1966.
- Jamal Nashshar, Maka>nah al-Akhla>q fi al-Fikr al-Isla>mi>.
- Achmad Farichi, Khazanah Pendidikan Agama Islam (untuk Sekolah
Dasar), Yudistira, 2006.
- Junaidi
Hidayat, Ayo Memahami Akidah dan Akhlak untuk MTs/SMP Islam, Jakarta:
Penerbit Erlangga
- Syamsuri,
Pendidikan Agama Islam untuk SMAkelas X,XI dan XII, Jakarta: Penerbit
Erlangga, 2006
- Tyoyib Sah Saputra dan Wahyudi,
Pendidikan Agama Islam: Akidah Akhlak Madrasah Aliyah,kelas X,XI dan XII,
Semarang: Karya Toha Putra,2008.
Dianjurkan :
- Ibnu Miskawaih, Tahdzib al-Akhlaq
- Syaikh Abu Bakar al-Jazairi, Mengenal
Etika dan Akhlak Islam
- Jalaluddin Rakhmat, Dahulukan Akhlak
di atas fiqih,. Bandung: Mizan, 2007.
- Ali Abdul Hamim Mahmud, al-Tarbiyah
al-Khuluqiyyah atau Akhlak Mulia
- Ibn Taymiyyah, Mengenali
Gerak-Gerik Kalbu
- Ibn Qayyim al-Jauziyyah, Madarij
al-Salikin, juz 1-3
- -----------, Igha>tsah al-Laghfa>n min Masha>yid al-Syaitha>n, juz 1-2
- Al-Gazali,
Ihya>’
‘Ulu>m al-Di>n, juz 3.
Disusun oleh
|
Diperiksa oleh :
|
Disahkan oleh :
|
|
Dr. H. Sumedi, M.Ag.
|
Penanggungjawab
Keilmuan
Dr. Sangkot Sirait, M.Ag.
|
Ketua Jurusan PAI
H. Suwadi, M.Ag., M.Pd.
|
Dekan
Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si.
|
REFERENSI AKHLAK,
ETIKA DAN MORAL SERTA ETIKET
AKHLAK
1385 H, Umar bin Ahmad Barja’, Kitab al-Akhla>q lil-Bani>n, al-Juz’
1-4, Surabaya: Maktabah
Muhammad bin Ahmad
Nabhan wa Aula<dihi, 1385 H,
1991,
Muhammad Abd Allah Darras, Dustu>r al-Akhla>q fi al-Qura>n, Kairo: Dar
al-Buhuts al-
‘Ilmiyyah, 1991.
1994, Miqdad
Yaljin, Daur al-Tarbiyah al-Akhlaqiyyah al-Islamiyyah fi Bina' al-Fard,
Dar al-Syuruq,
1994.
1994, Ibnu
Miskawaih, Tahdzib al-Akhlaq, Beirut, 1994.
1995, Ahmad Amin, Etika (Ilmu
Akhlak), diterjemahkan oleh Farid Ma’ruf dari judul asli al-Akhla>q,
Jakarta:
Bulan Bintang, 1995.
1995. Ali
Abd al-Halim Mahmud, al-Tarbiyah al-Khuluqiyyah, Da>r
al-Tawzi>’ wa al-Nasyr al-
Isla>miyyah, 1995,
2001, Muhammad ‘Abid al-Jabiri, al-‘Aql
al-Akhlaqi> al-‘Arabi>, Bairut: Adzar, 2001
2002, Fuad
Kauma dan Nipan, Kisah-Kisah Akhlak Tercela, Yogyakarta: Mitra Pustaka,
2002.
2003, Ahmad Mu’adz Haqqi, Syarah
40 hadits tentang Akhlak, Jakarta Selatan: Pustaka Azzam, 2003.
2003, Syaikh Abu Bakar
al-Kazairi, Mengenal Etika dan Akhlak Islam, diterjemahkan dari Islamic
Etiquette: a part from the Minhaj al-Muslim ( the way of
the Muslim), Jakarta: Lentera, 2003.
2005, Musthafa al-‘Adawpy, Fikih
Akhlak, diterjemahkan dari Fiqh
al-Akhla>q wa al-Mu’amala>t bayn
al-Mu’minin oleh Salim
Bazemool dan Taufik Damas Lc., Jakarta: Qisthi Press, 2005.
2006, ‘Ali
Fikri, Akhlak Terindah untuk Kaum Perempuan, Yogyakarta: Mitra Pustaka,
2006.
2007,
Jalaluddin Rakhmat, Dahulukan Akhlak di atas Fiqih, Bandung: Mizan,
2007.
2008, Murtadha Muthahhari, Quantum
Akhlak, diterjemahkan dari kitab Falsafah al-Akhla>q
oleh
Muhammad
Babul ‘Ulum, Yogyakarta: Arti Bumi Intaran, 2008.
2008, Zuhair
Amidi, Dustu>r al-Akhla>q min Wahy al-Kitab wa
al-Sunnah, Beirut: Dar al-Kutub
al-‘Ilmiyyah, 2008.
2010, Imam
Abu Syaikh, Meneladani Akhlak Nabi, diterjemankan dari Akhla>q
al-Nabiy wa
Adabuhu oleh
Abdullah Mu’alim, Jakarta: QisthiPress, 2010,
2010, Beni
Ahmad Saebani dan Abdul Hamid, Ilmu Akhlak, Bandung: Pustaka Setia,
2010.
2010, M.
Amin Syukur, Studi Akhlak, Semarang: Walisongo Press, 2010.
2011, Yunahar Ilyas, Kuliah
Akhlaq, Yogyakarta: LPPI, 2011.
2011, Abuddin Nata, Akhlak
Tasawuf, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
2011,
Muhammad Fauqi Hajjaj,Tasawuf Islam & Akhlak, terj. Kamran As’at
Irsyady dan Fakhri
Ghazali, Jakarta: Amzah, 2011.
Hafidz Hasan
al-Ma’udi, Taysi>r al-Khallaq fi> ‘ilm al-Akhla>q,
Ismail
Thaib, Pengantar Ilmu Akhlak, Fakultas Syariah UIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta.
ETIKA
1990, Peodjawiyatna, Etika
Filsafat Tingkah Laku, Jakarta: Rineka Cipta, 1990.
1992, M.
Amin Abdullah, The Idea of Universality of Ethical Norms in Ghazali &
Kant, Ankara, 1992.
1994, K. Bertens, Etika, Jakarta: Gramedia, 1994.
1994, Peter Singer (ed.), Ethics, Oxford: Oxford University
Press, 1994.
1999, William H. Shaw, Social and
Personal Ethics, Third Edition, Belmont: Wadsworth Publishing
Company,
1999.
2002, Amril
M., Etika Islam, Telaah Pemikiran Filsafat Moral Raghib Al-Isfahani,
Yogyakarta: Pustaka
Pelajar, 2002.
2003, Zuly Qodir, “Etika Islam: Suatu Pengantar”, dalam Moch. Qasim
Mthar, Sejarah, Teologi, dan Etika Agama-
Agama, Yogyakarta: Dian/Interfidei, 2003, .Hlm. 267-280.
2010, Abd. Haris, Etika Hamka:
Konstrukti Etis Berbasis Rasional Religius, Yogyakarta: LkiS, 2010.
2011, Mohammad A. Shomali, Relativisme Etika, Analisis
Prinsip-Prinsip Moralitas, Jakarta: Shadra Press, 2011.
Mulyadhi Kartanegara , Etika: “The Art of Living”, dalam Mulyadhi
Kartanegara, Menembus Batas Waktu, Panorama Filsafat Islam, Bandung:
Mizan, hlm. 67-84.
MORAL/MORALITAS
1990,
A1.Purwa Hadiwardoyo, Moral dan Masalahnya, Yogyakarta: Kanisius, 1990.
1994, Kahar
Masyhur, Membina Moral dan Akhlak, Jakarta: PT Rineka Copta, 1994.
1997, Z.S.
Nainggolan, Pandangan Cendekiawan Muslim tentang Moral Pancasila, Moral
Barat dan
Moral Islam, Jakarta:
Kalam Mulia, 1997.
2002, Philippa
Foot, Moral Dilemmas and Other Topics in Moral Philosophy, Oxford:
Clarendon Press,
2002,
2008, Asri
Budiningsih, Pembelajaran Moral, Jakarta: PT AsdiMahasatya, 2008.
2008, Nurul
Zuriah, Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalamPerspektif Perubahan,
Jakarta: Bumi
Aksara, 2008.
Karakter
2007, Doni Koesoema A., Pendidikan
Karakter, Strategi Pendidikan Anak di Zaman Global, Jakarta:
Garsindo,
2007.
2011, Abdul Majid dan Dian
Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja
Dosdakarya
Offset, 2011.
2011, Dharma Kesuma, Cepi
Triatna, dan Johar Permana, Pendidikan Karakter Kajian Teori dan
Praktik di Sekolah, Rosda, Bandung: PT Remaja
Rosdakarya, 2011.
2012, Muchlas Samani dan
Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung, PT Remaja
Dosdakarya,
cetakan kedua, 2012 (cetakan pertama: 2011).
2012, Novan Ardy Wiyani, Pendidikan
Karakter berbasis Iman dan Taqwa, Yogayakarta: Teras, 2012.
Nilai
2004, Dedi Supriadi, Mengartikulasikan
Pendidikan Nilai, Bandung: Alfabeta, 2004.
USWAH HASANAH
2011, Raghib As-Sirjani, Uswah lil-‘A>lami>n,
Kartasura: Insan Kamil, 2011.
ETIKET
1982, Sayyid Sabiq, Isla>muna, Beirut: Dar al-Fikr, 1982.
1996, Mel.Silberman, Active Learning, (1996).
2002, Hisyam Zaini,dkk, Strategi pembelajaran Aktif, (2002).
2002, Muh. Ali Al-Hasyimi, Menjadi
Muslim Ideal, (2002).
2003, Miftah Faridl, Panduan Hidup Muslim, (2003).
2004, Rohmat Mulyana, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai,
Bandung: Alfata, 2004.
2006, Said Aqil Siraj, Tasawuf sebagai Kritik Sosial, Bandung:
Mizan, 2006.
2007, Hamzah B. Uno, Model Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksara
(2007)
Filsafat Akhlak
Omar Mohammad Al-Toumy
al-Syaibany, “Prinsip-prinsip yang menjadi dasar Falsafah Akhlak dalam
Islam”,
dalam Omar Mohammad Al-Toumy al-Syaibany, Falsafah Pendidikan Islam, terj.
Oleh
Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang, 1979, hlm.
311-396.
Taufiq Thawil, Falsafah al-Akhla>q: Nasyatuha> wa Tathawwuha>.
Kairo: Da>r al-Nahd}ah
al-
‘Arabiyyah, 1979.
Filsafat Moral
Denise, Peterfreund dan White, Great
Traditions in Ethics, Belmont:
Wadsworth Publishing
Company,
1999.
Ray Billington, Living
Philosophy An Introduction to Moral Thought, New York: Routledge &
Kegan Paul Ltd., 1993.
Robert L. Holmes, Basic Moral
Philosophy, Belmont: Wadsworth Publishing Company, 1998.
Antologi Akhlak
Antologi Moral
Gordon L. Anderson dan Morton A.
Kaplan (Ed.), Morality and Religion, New York: Paragon House,
1991.
Antologi Karakter:
Damon William (ed.), Bringing in
a New Era in Character Education, California: Hoover Instituition
Press,
2002.
Artikel Akhlak
“Tsa>niyya>
fi> al-Akhla>q”, dalam Mushthafa Hilmi, Mana>hij ak-Bahs|fi> al-‘Ulu>m
al-Insa>niyyah, Beirut: Da>r al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1971, hlm. 147-170.
Buku-buku yang Relevan dengan
Akhlak
al-Ha>fiz
bin Hajar al-A’Asqala>ni: “Ba>b
al-Targi>b fi> Maka>rim al-Akhla>q”, dalam al-Ha>fiz bin Hajar
al-A’Asqala>ni>, Bulu>g al-Mara>m,
Indonesia: Maktabah
Da>r Ihya>’ al-Kutub al-‘Arabiyah, t.t.,
hlm.
307-309.
AL-Muhasibi, Menuju Hadirat
Ilahi Panduan bagi Kafilah Ruhani,diterjemahkan oleh Tholib Anis,
Bandung:
AL-Bayan, 2003.
Ibn Taymiyyah, Penyakit Hati,
diterjemahkan dari Amra>d}
al-Qulu>b wa Syifa>uha> oleh Zainul Muttaqin
dan
Dhazali Mukri, Yogyakarta: Titian Ilahi Press, 1997.
Ibn Taymiyyah, Mengenali
Gerak-Gerik Kalbu, diterjemahkan dari al-Tuhfah
al-‘Ira>qiyyah fi> al-
A’ma>l al-Qalbiyyah
oleh Muhammad Mighwar, Bandung: Pustaka Hidayah, 2001.
Imam al-Mawardi, Jalan
MeraihKebahagiaan Dunia dan Akhirat, terjemahan dari Adab al-Dunya wa
al-Di>n, Jakarta:
Sahara Intisains, 2009.
Muhaji Fikriono, Puncak
Makrifat Jawa, Pengembaraan Batin Ki Ageng Suryomentaram, Jakarta:
Noura
Books, 2012.
Rif’at Syauqi Nawawi, Kepribadian
Qur’ani, Jakarta: Amzah, 2011.
Sa>lih
‘Abd al-‘Azi>z, “Al-Tarbiyah al-Khuluqiyyah”, dalam Sa>lih ‘Abd al-‘Azi>z,
al-Tarbiyah wa t}uruq
al-Tadri>s,Kairo: Da>r al-Ma’a>rif,
1971, hlm. 231-282.
Sayyid Muhammad, al-Tahiyah wa al-Targib fi>
al-Tarbiyah wa al-Tahdzib, Surabaya: Maktabah
Muhammad
bin Ahmad Nabhan wa Awladuhu, t.t.
Sayyid Sabiq, Islamuna,
Beirut: Dar al-Fikr, 1982., hlm.131-208.
Sidi Gazalba, Sistematika
Filsafat Buku Keempat Pengantar kepada Teori Nilai, Jakarta: Bulan
Bintang,
1981.
Zayn al-‘A>bidi>n bin Munawwir al-Muqri>, Waz}a>if
al-Muta’allim, Yogyakarta: Maktabah al-
Munawwir,
1384H.
0 Comments:
Post a Comment