Header Ads

23 December 2016

KIAMAT

PEMBAHASAN

1.      PENGERTIAN KIAMAT
Hari kiamat didahului dengan leburnya alam semesta ini. Jadi pada hari tersebut seluruh makhluk yang masih hidup akan mati. Bumi dan langit juga akan diganti, bukan yang ada sekarang ini.
Pada hari itu allah akan menciptakan alam yang baru, yang disebut alam akhirat. Di alam akhirat ini seluruh makhluk akan dibangkitkan, setiap ruh akan dikembalikan kepada jasad masing-masing, sehingga mereka mengalami kehidupan untuk yang kedua kalinya etelah sebelumnya mereka mati.
Setelah mereka dibangkitkan di yaumul ba’ts, lalu setiap jiwa akan dihisab. Yakni diperhitungkan seluruh amalnya di dunia, yang baik maupun yang buruk. Maka barangsiapa yang amal baiknya melebihi amal keburukan, tentu allah memasukkannya ke dalam surge yang penuh dengan kenikmatan. Namun apabila yang terjadi sebaliknya, baginya adalah api neraka yang penuh dengan siksa pedih yang memilukan.[1]
Dalam hadist dari Abu Hurairah ra katanya: Bersabda Rasullullah, kiamat akan menggenggam bumi dan menggulung langit dengan kanannya, kemudian berkata: akulah raja. Dimana raja-raja itu? (HR Muslim)[2]



2.      TANDA-TANDA KIAMAT
Meski saat tibanya hari kiamat tidak dapat diketahui sama sekali oleh siapapun kecuali allah yang maha esa sendiri, sebagaimana telah diuraikan di muka, namun allah juga menayangkan sejumlah tanda-tanda yang menunjukkan bahwa saat tibanya telah dekat. Dalam hal ini allah berfirman:
maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggumelainkan hari kiamat, yang kedatangannya kepada mereka dengan tiba-tiba karena sesungguhnya telah dating tanda-tandanya. Maka apakah faedahnya bagi mereka kesadaran mereka itu apabila hari kiamat telah datang? (QS. Muhammad: 18).
            Secara garis besar, tanda-tanda kiamat dapat dibedakan menjadi dua, yakni tanda-tanda kecil (alamat sughra) dan tanda-tanda besar (alamat kubra).[3]
2.1 Alamat Sughra
            Tanda-tanda kecil yang menjadi pertanda akan sangat dekatnya hari kiamat tiba bias dijabarkan berikut:
1.      Diutusnya Muhammad SAW sebagai rasul tuhan. Dengan diutusnya rasullullah maka berakhirlah nubuwwah dan risalah, bahwa setelah beliau tidak lagi ada nabi atau rasul yang benar-benar menjadi utusan allah. Di dalam sebuah hadistyang bersumber dari sahabat anas ra. Rasullullah SAW telah bersabda:

“jarak antara diutusnya diriku dengan hari kiamat adalah sebagaimana ini.” Beliau bersabda demikian sambil menunjukkan jari telunjuk dan jari tengah.” (HR Bukhari, muslim dan tirmidzi)

2.      Apabila yang menjadi kepala pemerintahan, para menteri, dan para pemimpin adalah anak-anak dari para wanita tawanan, golongan rendahan atau budak, bukan dari golongan orang-orang terpilih. Baik dari sudut ilmu, akhlak, charisma, maupun kepiawaiannya. Di dalam sebuah hadits yang bersumber dari sahabat hurairah ra diterangkan bahwa suatu hari rasullullah saw sedang berada di antara para sahabat, lalu jibril dating seraya berkata:

“wahai rasullullah, kapankah kiamat tiba?” beliau menjawab : “tidaklah yang ditanya itu lebih mengetahui daripada yang bertanya. Namun aku hendak memberitahukan kepadamu mengenai tanda-tandanya, yakni apabila seorang amat (budak wanita) telah melahirkan tuannya, maka hal itu merupakan tanda-tanda hari kiamat.dan apabila orang-orang yang bertelanjang kaki serta penggembala kambing telah menjadi pemimpin umat manusia, maka hal itu termasuk pula tanda-tanda kiamat. Dan bila para penggembala kambing telah belomba-lomba dalam membangun gedung-gedung menjulang tinggi, maka hal itu juga termasuk tanda-tanda kiamat.” (HR Ibnu Abi Syaibah).

2.2  Alamat Kubra
     Alamat kubra ialah tanda-tanda yang menunjukkan sangat dekatnya kiamat tiba. Alamat kubra ini dapat dikelompokkan sebagai berikut:
1.   Terbitnya matahari dari arah terbenamnya.
            Bila hari kiamat telah begitu dekat, maka peristiwa-peristiwa alamiah akan terbalik dengan begitu mencolok. Sehingga umat manusia akan banyak dikagetkan oleh peristiwa-peristiwa yang terjadi pada saat itu, yang belum pernah dijumpai sebelumnya. Matahari yang selama ini kita saksikan terbit dari arah timur, maka saat itu akan terbalik 180 derajat.
Di dalam sebuah hadis yang bersumber dari Abdullah bin amr bin ash diterangkan, bahwa rasullullah saw telah bersabda:

“Sesungguhnya permulaan dari tanda-tanda (pertanda kiamat telah begitu dekat) adalah terbitnya matahari dari tempat terbenamnya, dan munculnya binatang ditengah-tengah manusia diwaktu dhuha. Dan mana diantara kedua tanda ini yang muncul terlebih dahulu, maka yang lain akan menyusul dalam waktu yang cukup dekat.”(HR Muslim dan Abu Dawud).

            Sedangkan di dalam hadis yang bersumber dari sahabat abi hurairah ra diterangkan, bahwa rasullullah swt telah bersabda:

“Tidaklah tiba hari kiamat sehingga matahari terbit dari arah terbenamnya. Maka apabila tanda ini telah muncul, seluruh manusia menjadi beriman. Keimanan manusia saat itu tidak bermanfaat bagi dirinya, bagi yang mulanya tak pernah beriman, juga bagi yang semula belum pernah berbuat baik dalam keimanannya.” (HR Bukhari, muslim dan abu dawud).

2.   Keluarnya makhluk semacam binatang
            Berkenaan dengan munculnya binatang itu, allah swt telah berfirman:
“Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, maka kami keluarkan jenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat kami.” (QS. AN-Naml: 82).

3.   Al-mahdi
            Secara ringkas, uraian tentang al-mahdi adalah sebagai berikut:
a.       Beliau akan muncul diakhir zaman
b.      Nama beliau adalah Muhammad bin Abdullah atau ahmad bin Abdullah
c.       Beliau termasuk ahlul-bait rasullullah saw,yakni cucu moyang dari fathimah binti rosullillah.
d.      Akhlak dan perangainya sangat mirip dengan rasullullah saw, akan tetapi dalam hal raut muka dan lain-lain tak ada kemiripan.
e.       Beliau berdahi lebar dan berhidung sangat mancung. Maksudnya, rambut bagian terbuka ke belakang  dan hidungnya lengkung bagian tengah dan lancip pada ujungnya.
f.       Beliau akan memerintah dengan penuh keadilan dan kejujuran yang merata ke seluruh permukaan bumi.
g.      Syari’at islam akan beliau tegakkan, sebelumnya sunnah rasul yang sebelumnya telah terkubur akan beliau hidupkan.
h.      Pada zaman beliau inilah panji-panji islam akan berkibar, sehingga beliau berhasil menegakkan dan mengokohkan islam di permukaan bumi.
i.        Kedudukan beliau cukup kokoh dan mantap. Dan sebab sifat keadilannya maka kehidupan saat itu menjadi makmur diseluruh permukaan bumi.
j.        Beliau menetap di bumi selama lebih dari 7 tahun, sebagaimana hadis riwayat imam abu dawud.
k.      Kemudian muncullah dajjal, lalu nabi isa as turun. Selanjutnya antara nabi isa dengan al-mahdi ini bersekutu untuk membinasakan dajjal. Akhirnya al-mahdi wafat dan kaum muslimin mensholatinya.

4.   Munculnya dajjal
            Salah satu diantara tanda-tanda telah begitu dekatnya kiamat, yang merupakan tanda-tanda besar adalah munculnya seorang manusia yang menamakan dirinya dajjal dengan gelar al-masih. Masih artinya menempuh perjalanan seantero bumi dalam waktu yang cukup lama. Masih juga bermakna kehilangan mata dan memang dalam kenyataan dia buta sebelah matanya.
            Di dalam sebuah hadist yang bersumber dari sahabat umar ra diterangkan bahwa satu ketika rasullullah saw melakukan haji wada’, saat itu beliau menghimbau umatnya yang hadir agar mereka tenang untuk mendengarkan nasihat beliau. Setelah menghaturkan pujian kepada allah, beliau menyebut perihal dajjal. Pesan ini beliau sampaikan dengan panjang lebar kemudian diakhiri dengan sabda beliau:

“tak seorang nabipun yang diutus oleh allah melainkan dia memberikan peringatan kepada umatnya perihal munculnya dajjal itu. Dia akan keluar ditengah-tengah kalian, sehingga tak ada keraguan atas kalian perihal tingkahnya. Maka tidak ada keraguan atas kalian, bahwa tuhan kalian itu tidak buta sebelah. Dan sesungguhnya dia (dajjal) bermata buta sebelah kanan, seolah matanya adalah sebuah biji yang menyembul.” (HR Bukhari dan Muslim).

5.   Turunnya Isa nabiyullah as
            Dari himpunan hadits yang berkenaan dengan permasalahan diatas dapat disimpulkan bahwa isa as akan turun di akhir zaman. Yakni saat pengaruh dajjal sedang marak-maraknya. Turunnya nabi isa ini merupakan salah satu dari sejumlah tanda telah begitu dekatnya kiamat tiba. Nabi isa saat itu akan memerintah dengan penuh keadilan serta menegakkan syari,at islam di tengah-tengah umat manusia.
            Di terangkan dari sahabat abi hurairah ra, bahwa rasullullah telah bersabda:

“demi dzat yang diriku dalam kuasanya, sungguh putra maryam hamper turun di tengah-tengah kalian sebagai pemimpin yang adil. Dia akan mematahkan salib, membunuh babi dan menghapuskan perpajakan. Saat itu harta kaum muslimin melimpah hingga tak seorangpun yang mau menerimanya, sampai-sampai sekali sujud akan lebih baik daripada dunia berikut apa yang terdapat di dalamnya.”

            Dalam riwayat imam ahmad, dari hudzaifah bin asad, dia berkata: nabi saw tiba-tiba muncul dihadapan kami ketika kami sedang mambincangkan kiamat, beliau bersabda:[4]

“apa yang kalian perbincangkan?” kami menjawab,”kami memperbincangkan soal kiamat.” Beliau bersabda:”sesungguhnya kiamat tak kan terjadi sebelum kamu melihat epuluh tanda: “asap, dajjal, binatang melata, matahari terbit dari barat, turunnya nabi ia binti maryam, ya’juj ma’juj, tiga kali tanah tenggelam: tanah tenggelam di timur, di barat dan di jazirah arab. Dan akhir dari semua itu adalah api yang muncul dari arah timur, mengiring manusia menuju tempat penghimpunan mereka.”





[1] Ghoiron A. Marzuki.QIAMAT surga dan neraka.mitra pusta:Yogyakarta.1997.hal9-10
[2] H.A Razak dan Rais Lathief.terjemah hadis shahih muslim.pustaka al-husna:Jakarta.1980.hal276
[3] Ibid.hal 43-46
[4] Ibnu Katsir,2009.Huru-hara Hari Kiamat.Pustaka al-kautsar:Jakarta Timur.Hal 67

0 Comments:

Post a Comment