Header Ads

23 August 2016

Media Bagan (Chart)

Hasil gambar untuk Media Bagan (Chart)
Media Bagan (Chart)

A. PENGERTIAN BAGAN
            Bagan merupakan salah satu dari media pembelajaran dua dimensi atau penyajian secara visual yang menggunakan titik-titik, garis-garis, gambar-gambar, tulisan-tulisan, atau simbol visual yang lain dengan maksud untuk mengihtisarkan, menggambarkan, dan merangkum suatu ide, data atau kejadian media grafis.
            Selain itu, fungsi bagan yang lain adalah untuk menunjukkan hubungan, perbandingan, jumlah relative, perkembangan, proses, klasifikasi dan organisasi. Fungsinya yang pokok adalah menyampaikan ide-ide atau konsep-konsep yang sulit bila hanya disampaikan secara tertulis atau lisan secara visual. Bagan juga mampu memberikan ringkasan butir-butir penting dari suatu presentasi.

Sebagai media yang baik, bagan haruslah:
· Mudah untuk dimengerti anak didik
· Sederhana dan lugas, tidak rumit dan berbelit-belit.
· Diganti pada waktu tertentu agar selain tetap aktual juga tidak kehilangan daya tariknya.

B. Macam-macam Bagan
Ada beberapa macam jenis bagan, di antaranya adalah bagan pohon, bagan alir, bagan arus dan bagan tabel.
           
Secara garis besar bagan/chart dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu bagan yang menyajikan pesannya secara bertahap dan bagan yang menyajikan pesannya sekaligus. Contoh bagan yang menyajikan pesan secara bertahap antara lain, bagan balikan (flip chart) dan bagan tertutup (hiden chart).
Bagan tertutup (hiden chart) disebut juga strip charts. Pesan yang akan disampaikan mula-mula ditampilkan ke dalam satu chart. Misalnya saja pesan tersebut berupa jenis chart. Setiap jenis kemudian ditutup dengan potongan kertas yang mudah untuk dilepas. Potongan kertas selain murah juga menarik perhatian. Pada saat penyajian satu per-satu tutup dibuka.
Flipchart atau bagan balikan menyajikan setiap informasi. Apabila urutan informasi yang akan disajikan tersebut sulit ditunjukkan dalam selembar chart, maka bagan balikan dapat dipakai. Bagian-bagian dari pesan tersebut ditulis/dituangkan dalam lembaran tersendiri, kemudian lembaran-lembaran tersebut dibundel jadi satu. Penggunaannya tinggal membalik satu persatu sesuai dengan bagan pesan yang akan disajikan.
Bagan/chart yang menyajikan pesan sekaligus ada beberapa macam, antara lain:
  1. Bagan pohon ( Tree Chart)
Bagan pohon ini menggambarkan arus diagram berasal dari akar ke batang, menuju ke cabang-cabang dan ranting-ranting. Bagan juga dapat menggambarkan suatu keadaan pengelompokkan. Biasanya bagan pohon dipakai untuk menunjukkan sifat, komposisi atau hubungan antar kelas/keturunan. Silsilah termasuk bagan pohon.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhP_bspWESpcrj_KVtlfi8UqpYUlYp0Eh7n5yDRA6Y_s4-fBnBas5YHMfNadsmgyddM51EChHzNw5qZ9RBXhXkvdlW2m-CR4gEVYTHn0BFe7EY5L1RH_y38Y3Xvvc2HUc0uvafK8yDdYvc/s400/1.jpg
  1. Bagan alir (flow chart)
Menggambarkan arus suatu proses atau dapat pula menelusuri tanggungjawab atau hubungan kerja antar berbagai bagian atau seksi suatu organisasi. Tanda panah seringkali untuk menggambarkan arah arus tersebut.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh6rCMk88oRSXts_jTvXZ3e6YwipYgwvn2JUbWFqqRyYgvpEXN7ch7pPGqLb3pJD-Vj3Po9_hjj8cZZdx5BQWDVWigNEx_WnEEP7XTt7VDaki_tgyp3P-ZfOyA5eGXX6RD9BKGIlEThw9M/s1600/New+Picture+%288%29.png

  1. Stream chart (bagan arus)
Bagan ini merupakan kebalikan dari bagan pohon. Jika pada bagan pohon dimulai dari satu hal kemudian memecah menjadi bearbagai hal/bagian, maka dalam stream chart berbagai hal tersebut pada ujung akhirnya menyimpul atau menuju ke suatu hal yang sama. https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgBkOKpyeA03L1PU1-7bfioVEL1tCehirEMzv5zmm5vRv9CPSABB70T9JxifHvJiFyLGiyifoRblr2qwZUP4Xu8nqUdtq3mCT_mSsKuwWQrKgiyfIcIqcw3srtGx3z4Q-6qxTRU-tH4lA-b/s400/bagan+arus1.jpg
4. Bagan Tabel
Urutan hubungan seperti yang terdapat pada garis waktu atau tabel-tabel waktu dapat ditunjukkan melalui bagan tabel.


0 Comments:

Post a Comment