WORKSHOP
PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN
MENGGUNAKAN
MACROMEDIA FLASH
MGMP
MATEMATIKA SMP
KABUPATEN
GUNUNGKIDUL
DISAIN
PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN
MENGGUNAKAN PROGRAM MACROMEDIA FLASH
DISUSUN OLEH:
Sigit Suryono, S.Pd, M.Pd
DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA
MGMP MATEMATIKA SMP
KABUPATEN GUNUNGKIDUL
Sekretariat : Jln. Kol. Sugiyono, No. 35 B,
Wonosari, Gunungkidul
Merancang Media Pembelajaran
Sederhana
Menggunakan
Macromedia Flash
1. Materi
Dasar-dasar Macromedia Flash
- Frame
- Layer
- Motion
- Guide
- Mask
- Convert
to symbol
* Movie
* Button
* Graphic
- Actionscript
- Loader
2. Merancang
Media
·
Membuat Flowchard program (alur program)
Dari diagram alur tersebut, dapat kita buat 7 file. File yang dibuat adalah
sebagai berikut:
- utama.fla
File utama digunakan sebagai autoring/ pengatur dalam media yang dirancang
yang akan ditampilkan dalam bentuk aplikasi/bentuk exe.
Ukuran stage: 1024 px x 768 px
- cover.fla
File cover sebagai pengantar user untuk memasuki media yang dipergunakan.
Dalam fle cover berisi : mata pelajaran, kelas, topik, penyusun, sekolah
Ukuran stage (800 px x 600 px)
- sk.fla
File sk.fla berisi standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator
program pembelajaran yang dibuat. Ukuran stage (800 px x 600 px).
- materi.fla
File materi berisi tentang segala materi program pembelajaran baik berupa,
teks, gambar, animasi, video dll. Ukuran stage (800 px x 600 px).
- evaluasi.fla
File materi berisi tentang segala materi program pembelajaran baik berupa,
teks, gambar, animasi, video dll. Ukuran stage (800 px x 600 px).
- author.fla
File materi berisi tentang segala materi program pembelajaran baik berupa,
teks, gambar, animasi, video dll. Ukuran stage (800 px x 600 px).
- exit.fla
beberapa hal yang
perlu diperhatikan dalam pembuatan media pembelajaran ini antara lain:
1. Mengatus stage ( lembar disain/ kerja dalam macromedia
flash).
Dalam file utama yang dirancang terdiri dari 5 layer dan 7 frame sebagai berikut:
2. Menuliskan program perintah / action pada macromedia flah
pada properties action:
3. Memanfaatkan loader dari menu window sebagai berikut:
Window ® componet ® loader (lihat properties pada bagian bawah)
2. Merancang Storyboard Media Pembelajaran
Frame : 1 / cover
Komponen
|
Action/ Perintah
|
Keterangan
|
||||||||||
Layer action
|
Stop();
Fscommand(“fullscreen”,”true”);
|
|||||||||||
Tombol Enter
|
On(release){gotoAndStop(2);}
|
|||||||||||
|
Frame : 2 / Menu
Komponen
|
Action/ Perintah
|
Keterangan
|
||||||||||
Tombol home
|
On(release){gotoAndStop(2);}
|
Letak di layer tombol, frame 2
|
||||||||||
Tombol sk/kd
|
On(release){gotoAndStop(3);}
|
|||||||||||
Tombol materi
|
On(release){gotoAndStop(4);}
|
|||||||||||
Tombol evaluasi
|
On(release){gotoAndStop(5);}
|
|||||||||||
Tombol author
|
On(release){gotoAndStop(6);}
|
|||||||||||
Tombol exit
|
On(release){fscommand(“quit”,”true”):}
|
|||||||||||
|
Frame : 3 / SK/KD
Komponen
|
Action/ Perintah
|
Keterangan
|
||||||||||
Tombol home
|
On(release){gotoAndStop(2);}
|
Letak di layer tombol, frame 2
|
||||||||||
Tombol sk/kd
|
On(release){gotoAndStop(3);}
|
|||||||||||
Tombol materi
|
On(release){gotoAndStop(4);}
|
|||||||||||
Tombol evaluasi
|
On(release){gotoAndStop(5);}
|
|||||||||||
Tombol author
|
On(release){gotoAndStop(6);}
|
|||||||||||
Tombol exit
|
On(release){fscommand(“quit”,”true”):}
|
|||||||||||
|
Frame : 4 /
Materi
Komponen
|
Action/ Perintah
|
Keterangan
|
||||||||||
Tombol home
|
On(release){gotoAndStop(2);}
|
Letak di layer tombol, frame 2
|
||||||||||
Tombol sk/kd
|
On(release){gotoAndStop(3);}
|
|||||||||||
Tombol materi
|
On(release){gotoAndStop(4);}
|
|||||||||||
Tombol evaluasi
|
On(release){gotoAndStop(5);}
|
|||||||||||
Tombol author
|
On(release){gotoAndStop(6);}
|
|||||||||||
Tombol exit
|
On(release){fscommand(“quit”,”true”):}
|
|||||||||||
|
Frame : 5 /
Evaluasi
Komponen
|
Action/ Perintah
|
Keterangan
|
||||||||||
Tombol home
|
On(release){gotoAndStop(2);}
|
Letak di layer tombol, frame 2
|
||||||||||
Tombol sk/kd
|
On(release){gotoAndStop(3);}
|
|||||||||||
Tombol materi
|
On(release){gotoAndStop(4);}
|
|||||||||||
Tombol evaluasi
|
On(release){gotoAndStop(5);}
|
|||||||||||
Tombol author
|
On(release){gotoAndStop(6);}
|
|||||||||||
Tombol exit
|
On(release){fscommand(“quit”,”true”):}
|
|||||||||||
|
Frame : 7 /
Author (pembuat program)
Komponen
|
Action/ Perintah
|
Keterangan
|
||||||||||
Tombol home
|
On(release){gotoAndStop(2);}
|
Letak di layer tombol, frame 2
|
||||||||||
Tombol sk/kd
|
On(release){gotoAndStop(3);}
|
|||||||||||
Tombol materi
|
On(release){gotoAndStop(4);}
|
|||||||||||
Tombol evaluasi
|
On(release){gotoAndStop(5);}
|
|||||||||||
Tombol author
|
On(release){gotoAndStop(6);}
|
|||||||||||
Tombol exit
|
On(release){fscommand(“quit”,”true”):}
|
|||||||||||
|
Frame : 7 / Exit
( keluar program
|
Membuat File SK/KD, Materi,
Evaluasi, dan Author
Ukuran stage : 800 px x 600 px
Frame : 1
Komponen
|
Action/ Perintah
|
Keterangan
|
Pada frame 1
layer action
|
Stop();
|
Digunakan pada semua frame
|
Tombol back
|
On(release){prevFrame();}
|
Digunakan pada semua frame
|
Tombol next
|
On(release){ nextFrame();}
|
|
Baground
|
-
|
Digunakan pada semua frame
|
Isi
|
Digunakan untuk menaruh teks/ materi yang ingin digunakan dalam pembuatan
media
|
|
gambar
|
Digunakan untuk menaruh gambar dalam media flash
|
|
0 Comments:
Post a Comment