Header Ads

23 August 2016

WORKSHOP PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH

Hasil gambar untuk WORKSHOP PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH

WORKSHOP PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN
MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH
MGMP MATEMATIKA SMP
KABUPATEN GUNUNGKIDUL
 













DISAIN
PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN
MENGGUNAKAN PROGRAM MACROMEDIA FLASH



 













DISUSUN OLEH:


Sigit Suryono, S.Pd, M.Pd






 


DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA
MGMP MATEMATIKA SMP
KABUPATEN GUNUNGKIDUL
Sekretariat : Jln. Kol. Sugiyono, No. 35 B, Wonosari, Gunungkidul





Merancang Media Pembelajaran Sederhana
Menggunakan Macromedia Flash


1.      Materi Dasar-dasar Macromedia Flash
  • Frame
  • Layer
  • Motion
  • Guide
  • Mask
  • Convert to symbol
* Movie
* Button
* Graphic
  • Actionscript
  • Loader


2.      Merancang Media
·         Membuat Flowchard program (alur program)




Dari diagram alur tersebut, dapat kita buat 7 file. File yang dibuat adalah sebagai berikut:
  1. utama.fla
File utama digunakan sebagai autoring/ pengatur dalam media yang dirancang yang akan ditampilkan dalam bentuk aplikasi/bentuk exe.
Ukuran stage: 1024 px x 768 px
  1. cover.fla
File cover sebagai pengantar user untuk memasuki media yang dipergunakan. Dalam fle cover berisi : mata pelajaran, kelas, topik, penyusun, sekolah
Ukuran stage (800 px x 600 px)
  1. sk.fla
File sk.fla berisi standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator program pembelajaran yang dibuat. Ukuran stage (800 px x 600 px).
  1. materi.fla
File materi berisi tentang segala materi program pembelajaran baik berupa, teks, gambar, animasi, video dll. Ukuran stage (800 px x 600 px).
  1. evaluasi.fla
File materi berisi tentang segala materi program pembelajaran baik berupa, teks, gambar, animasi, video dll. Ukuran stage (800 px x 600 px).
  1. author.fla
File materi berisi tentang segala materi program pembelajaran baik berupa, teks, gambar, animasi, video dll. Ukuran stage (800 px x 600 px).
  1. exit.fla

beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan media pembelajaran ini antara lain:

1. Mengatus stage ( lembar disain/ kerja dalam macromedia flash).












Dalam file utama yang dirancang terdiri dari 5 layer dan 7 frame sebagai berikut:



2. Menuliskan program perintah / action pada macromedia flah pada properties action:


3. Memanfaatkan loader dari menu window sebagai berikut:
Window ® componet ® loader (lihat properties pada bagian bawah)




2. Merancang Storyboard Media Pembelajaran

Frame : 1 / cover
 
















Komponen
Action/ Perintah
Keterangan
Layer action
Stop();
Fscommand(“fullscreen”,”true”);

Tombol Enter
On(release){gotoAndStop(2);}


Loader
Parameter
Ukuran :  800 px x 600 px
autoload
True
contenpath
Cover.swf
scaleContent
true
Frame : 2 / Menu
 














Komponen
Action/ Perintah
Keterangan
Tombol home
On(release){gotoAndStop(2);}
Letak di layer tombol, frame 2
Tombol sk/kd
On(release){gotoAndStop(3);}
Tombol materi
On(release){gotoAndStop(4);}
Tombol evaluasi
On(release){gotoAndStop(5);}
Tombol author
On(release){gotoAndStop(6);}
Tombol exit
On(release){fscommand(“quit”,”true”):}
Loader
Parameter
Ukuran :  800 px x 600 px
autoload
True
contenpath
Cover.swf
scaleContent
true



Frame : 3 / SK/KD













Komponen
Action/ Perintah
Keterangan
Tombol home
On(release){gotoAndStop(2);}
Letak di layer tombol, frame 2
Tombol sk/kd
On(release){gotoAndStop(3);}
Tombol materi
On(release){gotoAndStop(4);}
Tombol evaluasi
On(release){gotoAndStop(5);}
Tombol author
On(release){gotoAndStop(6);}
Tombol exit
On(release){fscommand(“quit”,”true”):}

Loader
Parameter
Ukuran :  800 px x 600 px
autoload
True
contenpath
sk.swf
scaleContent
true

Frame : 4 / Materi
 














Komponen
Action/ Perintah
Keterangan
Tombol home
On(release){gotoAndStop(2);}
Letak di layer tombol, frame 2
Tombol sk/kd
On(release){gotoAndStop(3);}
Tombol materi
On(release){gotoAndStop(4);}
Tombol evaluasi
On(release){gotoAndStop(5);}
Tombol author
On(release){gotoAndStop(6);}
Tombol exit
On(release){fscommand(“quit”,”true”):}

Loader
Parameter
Ukuran :  800 px x 600 px
autoload
True
contenpath
materi.swf
scaleContent
true


Frame : 5 / Evaluasi
 














Komponen
Action/ Perintah
Keterangan
Tombol home
On(release){gotoAndStop(2);}
Letak di layer tombol, frame 2
Tombol sk/kd
On(release){gotoAndStop(3);}
Tombol materi
On(release){gotoAndStop(4);}
Tombol evaluasi
On(release){gotoAndStop(5);}
Tombol author
On(release){gotoAndStop(6);}
Tombol exit
On(release){fscommand(“quit”,”true”):}

Loader
Parameter
Ukuran :  800 px x 600 px
autoload
True
contenpath
evaluasi.swf
scaleContent
true

Frame : 7 / Author (pembuat program)
 














Komponen
Action/ Perintah
Keterangan
Tombol home
On(release){gotoAndStop(2);}
Letak di layer tombol, frame 2
Tombol sk/kd
On(release){gotoAndStop(3);}
Tombol materi
On(release){gotoAndStop(4);}
Tombol evaluasi
On(release){gotoAndStop(5);}
Tombol author
On(release){gotoAndStop(6);}
Tombol exit
On(release){fscommand(“quit”,”true”):}

Loader
Parameter
Ukuran :  800 px x 600 px
autoload
True
contenpath
author.swf
scaleContent
true


Frame : 7 / Exit ( keluar program
 





















Loader
Parametert
Ukuran :  800 px x 600 px
autoload
True
contenpath
exit.swf
scaleContent
true































Membuat File SK/KD, Materi, Evaluasi, dan Author

Ukuran stage : 800 px x 600 px




Frame : 1
 
















Komponen
Action/ Perintah
Keterangan
Pada frame 1
 layer action
Stop();
Digunakan pada semua frame
Tombol back
On(release){prevFrame();}
Digunakan pada semua frame
Tombol next
On(release){ nextFrame();}
Baground
-
Digunakan pada semua frame
Isi

Digunakan untuk menaruh teks/ materi yang ingin digunakan dalam pembuatan media
gambar

Digunakan untuk menaruh gambar dalam media flash





0 Comments:

Post a Comment