اَلْخُلُقُ
عِبَارَةٌ عَنْ هَيْئَةٍ فِي النَّفْسِ رَاسِخَةٍ عَنْهَا تَصْدُرُ اْلأَفْعَالُ
بِسُهُوْلَةٍ وَيُسْرٍ مِنْ غَيْرِ حَاجَةٍ إِلَى فِكْرٍ وَرَوِيَّةٍ.
“Akhlak ialah sifat-sifat yang tertanam dalam jiwa, yang
menimbulkan segala perbuatan dengan mudah tanpa memerlukan pikiran dan
pertimbangan”.
(Imam
Abi Hamid Muhammad Ibn Muhammad al Ghazali, ihya ulumuddin juz III Diterbitkan
di Kairo oleh Muasassah al Halibiy wa Shirkah pada tahun 1967 hal 52)
“Akhlak adalah istilah bagi sesuatu sifat yang tertanam kuat dalam
diri, yang darinya terlahir perbuatan-perbuatan dengan mudah dan ringan, tanpa
perlu berfikir dan merennung. Jika sifat tersebut terlahir perbuatan-perbuatan
yang indah menurut akal dan syariat, dengan mudah, maka sifat tersebut
dinamakan dengan akhlak baik. Sedangkan jika darinya terlahir
pebuatan-perbuatan buruk, maka sifat tersebut dinamakan akhlak yang buruk”
(Muhammad bin Ali Asy-Syariif al-Jurjani Al-Jurjani Kitab al-Ta’rifat, Beirut : Dar
al-Kutub al-‘Ilmiyah, t. th., hal. 101.)
Secara etimologi akhlak adalah
bentuk jamak dari khuluq yang berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku dan
tabi’at. Sinonim kta akhlak adalah budi pekerti, tata krama, sopan santun,
moral dan etic.
Oleh H. Yunahar Ilyas. Terdiri dari 266 halaman
berbahasa Indonesia tentang "akhlaq". Diterbitkan di
Yogyakarta oleh LPPI UMY pada tahun 2009
Akhlak merupakan manifestasi iman,islam dan ihsan yang merupakan
refleksi sifat dan jiwa secar sepontan yg terpola psda diri seseorang sehingga
dapat melairka perilaku secar konsisten dan tidak tergantung pada pertimbangan
berdasar interes tertentu.
( pokja akadaemik: Dr. Alwan Khoiri, M.A. Drs, tulus musthofa, Lc,
M.ag, Drs. Moh. Damami M.Ag, akhlaq/tasawuf
penerbit: pokja akademik uin sunan kalijaga. Yogyakarta 2005 hal.7
ahlak adalah menangnya keinginan dari beberapa keinginan manusia
dengan langsung berturut-turut.
“Seorang
Pelajar itu jangan menyombong dengan ilmunya dan jangan menentang gurunya.”
Al-Ghazali,
Ihya Ulumuddin I, (Indonesia : Toha Putra, t.th), Hlm. 50
1.
Menurut Muhammad bin Ali Asy-Syariif al-Jurjani
Al-Jurjani mendefinisikan akhlak dalam bukunya, at-Ta’rifat sebagai berikut:
“aKhlak adalah istilah bagi sesuatu sifat yang tertanam kuat dalam diri, yang darinya terlahir perbuatan-perbuatan dengan mudah dan ringan, tanpa perlu berfikir dan merennung. Jika sifat tersebut terlahir perbuatan-perbuatan yang indah menurut akal dan syariat, dengan mudah, maka sifat tersebut dinamakan dengan akhlak baik. Sedangkan jika darinya terlahir pebuatan-perbuatan buruk, maka sifat tersebut dinamakan akhlak yang buruk”
Al-Jurjani mendefinisikan akhlak dalam bukunya, at-Ta’rifat sebagai berikut:
“aKhlak adalah istilah bagi sesuatu sifat yang tertanam kuat dalam diri, yang darinya terlahir perbuatan-perbuatan dengan mudah dan ringan, tanpa perlu berfikir dan merennung. Jika sifat tersebut terlahir perbuatan-perbuatan yang indah menurut akal dan syariat, dengan mudah, maka sifat tersebut dinamakan dengan akhlak baik. Sedangkan jika darinya terlahir pebuatan-perbuatan buruk, maka sifat tersebut dinamakan akhlak yang buruk”
2.
Kitab Al
Ta'rifat
3. Oleh Ali Ibn Muhammad al Jurjaniy, editor Ibrahim al
Abyari. Terdiri dari 364 halaman berbahasa Arab tentang "bahasa arab -
filsafat". Diterbitkan di sl. oleh Dar Al Riyan pada tahun 1973 dan
kemudian menjadi koleksi perpustakaan sejak 23 Januari 2008.
Saat ini tinggal 4 koleksi yang dapat dipinjam. Terakhir dipinjam oleh Iwan, S.pd.i tanggal 31 Oktober 2012, dan sudah dikembalikan.
Lantai 4 > Rak 400 > Label AS 492.701 JUR k - Similar
Saat ini tinggal 4 koleksi yang dapat dipinjam. Terakhir dipinjam oleh Iwan, S.pd.i tanggal 31 Oktober 2012, dan sudah dikembalikan.
Lantai 4 > Rak 400 > Label AS 492.701 JUR k - Similar
4.
Al Ta'rifat
5. Oleh Abu al Hasan 'Ali ibn Muhammad Ibn Ali al
Jurjaniy al Ma'ruf bi al Syyid al Sharif. Terdiri dari 146 halaman berbahasa
Arab tentang "bahasa arab - filsafat". Diterbitkan di Tunisia oleh al
Dar al Tunisiyyah li al Nashr pada tahun 1971 dan kemudian menjadi koleksi perpustakaan
sejak 24 Februari 2004.
Terdapat 3 koleksi yang hanya dapat dibaca ditempat.
Lantai 2 sebelah barat > Rak 400 > Label AR 492.701 SHA t - Similar
Terdapat 3 koleksi yang hanya dapat dibaca ditempat.
Lantai 2 sebelah barat > Rak 400 > Label AR 492.701 SHA t - Similar
برةعن هيئة في النفس را شخة,عنها تصدرالافعال بسهولة
ويسري من غير حاجة الي فكر و روية فان كانت الهيئة بحيث تصدر عنها لافعل بجميلة المحمودة
عقل و شرعا سميت تلك الهيئة خلقا حسنا وان كان الصادر عنها الافعال القبيحة سميت الهيئة
التى هى المصدر خلق شيئا
Artinya: akhlak adalah suatu
siskap (hay’ah) yang mengakar dalam jiwa yang dariny lahir berbagai perbuatan
dengan mudah dan gampang, tanpa perlu kepada pikiran dan pertimbangan. Jika
sikap itu yang darinya lahir perbuatan yang baik dan terpuji, baik dari segi
akal dan syara’, maka ia disebut akhklak yang baik. Dan jika yang lahir darinya
perbuatan tercela, maka sikap tersebut disebut akhlak tercela”.
“Seorang
Pelajar itu jangan menyombong dengan ilmunya dan jangan menentang gurunya.”
Al-Ghazali,
Ihya Ulumuddin I, (Indonesia : Toha Putra, t.th), Hlm. 50
1.
Menurut Muhammad bin Ali Asy-Syariif al-Jurjani
Al-Jurjani mendefinisikan akhlak dalam bukunya, at-Ta’rifat sebagai berikut:
“aKhlak adalah istilah bagi sesuatu sifat yang tertanam kuat dalam diri, yang darinya terlahir perbuatan-perbuatan dengan mudah dan ringan, tanpa perlu berfikir dan merennung. Jika sifat tersebut terlahir perbuatan-perbuatan yang indah menurut akal dan syariat, dengan mudah, maka sifat tersebut dinamakan dengan akhlak baik. Sedangkan jika darinya terlahir pebuatan-perbuatan buruk, maka sifat tersebut dinamakan akhlak yang buruk”
Al-Jurjani mendefinisikan akhlak dalam bukunya, at-Ta’rifat sebagai berikut:
“aKhlak adalah istilah bagi sesuatu sifat yang tertanam kuat dalam diri, yang darinya terlahir perbuatan-perbuatan dengan mudah dan ringan, tanpa perlu berfikir dan merennung. Jika sifat tersebut terlahir perbuatan-perbuatan yang indah menurut akal dan syariat, dengan mudah, maka sifat tersebut dinamakan dengan akhlak baik. Sedangkan jika darinya terlahir pebuatan-perbuatan buruk, maka sifat tersebut dinamakan akhlak yang buruk”
2.
Kitab Al
Ta'rifat
3. Oleh Ali Ibn Muhammad al Jurjaniy, editor Ibrahim al
Abyari. Terdiri dari 364 halaman berbahasa Arab tentang "bahasa arab -
filsafat". Diterbitkan di sl. oleh Dar Al Riyan pada tahun 1973 dan
kemudian menjadi koleksi perpustakaan sejak 23 Januari 2008.
Saat ini tinggal 4 koleksi yang dapat dipinjam. Terakhir dipinjam oleh Iwan, S.pd.i tanggal 31 Oktober 2012, dan sudah dikembalikan.
Lantai 4 > Rak 400 > Label AS 492.701 JUR k - Similar
Saat ini tinggal 4 koleksi yang dapat dipinjam. Terakhir dipinjam oleh Iwan, S.pd.i tanggal 31 Oktober 2012, dan sudah dikembalikan.
Lantai 4 > Rak 400 > Label AS 492.701 JUR k - Similar
4.
Al Ta'rifat
5. Oleh Abu al Hasan 'Ali ibn Muhammad Ibn Ali al
Jurjaniy al Ma'ruf bi al Syyid al Sharif. Terdiri dari 146 halaman berbahasa
Arab tentang "bahasa arab - filsafat". Diterbitkan di Tunisia oleh al
Dar al Tunisiyyah li al Nashr pada tahun 1971 dan kemudian menjadi koleksi perpustakaan
sejak 24 Februari 2004.
Terdapat 3 koleksi yang hanya dapat dibaca ditempat.
Lantai 2 sebelah barat > Rak 400 > Label AR 492.701 SHA t - Similar
Terdapat 3 koleksi yang hanya dapat dibaca ditempat.
Lantai 2 sebelah barat > Rak 400 > Label AR 492.701 SHA t - Similar
برةعن هيئة في النفس را شخة,عنها تصدرالافعال بسهولة
ويسري من غير حاجة الي فكر و روية فان كانت الهيئة بحيث تصدر عنها لافعل بجميلة المحمودة
عقل و شرعا سميت تلك الهيئة خلقا حسنا وان كان الصادر عنها الافعال القبيحة سميت الهيئة
التى هى المصدر خلق شيئا
Artinya: akhlak adalah suatu
siskap (hay’ah) yang mengakar dalam jiwa yang dariny lahir berbagai perbuatan
dengan mudah dan gampang, tanpa perlu kepada pikiran dan pertimbangan. Jika
sikap itu yang darinya lahir perbuatan yang baik dan terpuji, baik dari segi
akal dan syara’, maka ia disebut akhklak yang baik. Dan jika yang lahir darinya
perbuatan tercela, maka sikap tersebut disebut akhlak tercela”.
( Prof. DR. Ahmad amin, etika (ilmu Ahklak alih bahasa prof. K.h.
farid ma’ruf penerbit: bulan bintang, jakarta hal.62)
0 Comments:
Post a Comment