1.
Perbedaan
Individual
a. Melanie
Porter
1. Fisik : Tubuh gemuk, kulit hitam (keturunan
negro), tinggi, rambut panjang pirang, hidung mancung.
2. Psikis : Ingin bertindak sesuai keinginannya,
menginginkan kebebasan dalam menentukan masa depannya, memiliki kecerdasan yang
tinggi, semangat dalam melanjutkan studi, menyayangi keluarganya, suka
berkumpul dengan teman-temannya.
b. James
Porter
Fisik :
Tubuh gemuk, kulit hitam (keturunan negro), rambut hitam, berkumis, tinggi
Psikis :
Overprotektif terhadap anak,tapi sebenarnya dia sangat sayang terhadap anaknya,
orang tua yang baik dan
bertanggungjawab, tidak menyukai babi
Boudini.
c. Michelle
Fisik :
Tubuh gemuk, kulit hitam (keturunan negro), rambut pirang sebahu.
Psikis :
Sayang terhadap keluarga, perhatian, bijaksana, mementingkan pendidikan yang
bagus untuk anaknya.
d. Trey
Fisik :
Tubuh kurus, kulit hitam (keturunan negro), rambut keriting hitam.
Psikis :
Sering melakukan sesuatu bersama babinya, anak yang cerdas dalam
perkembangannya,
e. Nancy
Fisik :
Tubuh langsing, kulit putih, rambut pirang, tinggi
Psikis :
Teman yang baik, suka bekumpul dengan temannya, perhatian
f. Katy
Fisik :
Tubuh langsing, kulit putih, rambut pirang, tinggi
Psikis :
Teman yang baik, suka bekumpul dengan temannya, perhatian
g. Wendy
Fisik :
Tubuh langsing, kulit putih, rambut pirang,
Psikis :
Cerewet, suka bernyanyi, suka mengejek, sangat kompak dengan ayahnya
h. Tracy :
Fisik :
Tubuh sedang, kulit hitam (keturunan negro), tinggi
Psikis :
Baik, perhatian.
i.
Scooter
Fisik :
Tubuh sedang, kekar, kulit putih, tinggi, rambut pirang
Psikis :
Cerewet, suka bernyanyi, perhatian.
2.
Perbedaan
Kelompok
a. Keluarga
Porter :
Keluarga berkulit hitam yang bahagia dan
kompak, namun sang ayah terlalu overprotektif terhadap anaknya sehingga membuat
anakya merasa tertekan.Trey si anak bungsu selalu bermain dengan babinya
sehingga membuat sang ayah benci terhadapnya.
b. Keluarga
O’Mally :
Menginginkan anak yang seperti Melanie
yang cerdas, karena istri O’Mally sedang hamil.
c. Melanie
dan Sahabatnya :
Suka pergi ke pesta bersama
(bersenang-senang)
d. Keluarga
Wendy :
Suka pamer bernyanyi, suka mengejek
tetapi baik dan perhatian, cerewet, ayah dan anak yang kompak.
e. Nenek
Melanie dan Teman-temannya:
Suka berpesta dengan teman-teman
seumurannya,mereka takut ketahuan akan perilaku mereka.
Bagaimana psikologi memandang hal ini?
Lingkungan
sangat berpengaruh terhadap pola kehidupan tokoh Melanie yang hidup di
perkotaan terpenmannyagaruh oleh pola kehidupan teman-teman SMA nya di
perkotaan. Hidup dalam hura-hura dan suka berpesta di malam hari, sebenarnya
Melanie anak yang patuh pada orang tuanya, namun pengaruh temanpoliannya yang
kemudian menjadikannya berubah berbeda dengan ayahnya, ayanhnya yang menjadi
seorang polosi memiliki lingkungan
disiplin walau kehidupan dia yang menjadi seorang polisi mempengaruhinya
dikehidupan keluarganya, dia menjadi sangant displin terhadap anak-anaknya
bahkan bisa dikatakan terlalu protektif, namun demikian sebenarnya dia sangat
saying kepada keluarganya khususnya kepada anak-anaknya.
Pengertian
Perbedaan Individual
Salah satu karakteristik
pembelajaran yang efektif jika pembelajaran dapat merespon kebutuhan khusus
siswa, karena adanya perbedaan individual. Perbedaan Individual berkaitan
dengan psikologi pribadi yang menjelaskan perbedaan psikologis antara
orang-orang serta berbagai kesamaannya. Psikologi Perbedaan individual menguji
dan menjelaskan bagaimana orang-orang berbeda dalam berfikir, berperasaan dan
bertindak.
Sumber Perbedaan
Individual
1.
Faktor Bawaan
Merupakan faktor biologis yang
diturunkan melalui pewarisan genetik dari orang tuanya.
2.
Faktor Lingkungan
a.
Status ekonomi sosial orang tua,
yang meliputi; tingkat pendidikan orang tua, pekerjaan orang tua dan
penghasilan orang tua.
b.
Pola Asuh Orang tua, yakni pola
perilaku yang digunakan untuk berhubungan dengan anak-anaknya (otoriter,
permisif dan autoritatif)
c.
Budaya, merupakan pikiran, akal
budi dan hasil karya manusia (adat istiadat)
d.
Urutan Kelahiran
Macam-macam
perbedaan Individu
1.
Perbedaan Jenis kelamin dan gender
Istilah jenis kelamin dan gender
sering dipertukarkan dan dianggap sama. Jenis kelamin menunjuk pada perbedaan
biologis dari laki-laki dan perempuan, sementara gender merupakan aspek
psikososial dari laki-laki dan perempuan. Perbedaan muncul dari apa yang
diajarkan Perbedaan Gender dan Prestasi di kelas
Pola-pola interaksi guru-siswa,
siswa-siswa, isi kurikulum serta ujian ditengarai banyak menunjukkan bias
gender. Prestasi akademik tidak bisa dijelaskan melalui perbedaan jenis
kelamin, tetapi karena faktor sosial dan budaya . Faktor familiaritas siswa
terhadap mata pelajaran, perubahan aspirasi pekerjaan, persepsi terhadap
pelajaran tertentu dianggap tipikal gender tertentu, gaya penampilan laki-laki
dan perempuan serta harapan guru.
2.
Perbedaan
Kemampuan
Kemampuan sering diartikan
kecerdasan. Kecerdasan adalah kemampuan dalam belajar. Kemampuan umum diartikan
sebagai prestasi komparatif individu dalam berbagai tugas, termasuk memecahkan
masalah dengan waktu tertentu .
Perbedaan
Kecerdasan dapat dipahami dari perbedaan skor IQ
Tabel
IQ yang dikembangkan Wechsler
IQ
|
Deskripsi
|
Di atas 130
|
Very Superior
|
120 - 129
|
Superior
|
110 - 119
|
Bright Normal
|
90 - 109
|
Average
|
80 - 89
|
Dull Normal
|
70 - 79
|
Borderline
|
Di bawah 70
|
Defective
|
Gifted
1.
Anak yang memiliki skor tes
kecerdasan di atas 130
2.
Jumlahnya 1% dari paling atas dari
populasi
3.
Hasil penelitian menunjukkan,
sepertiga dari mereka merupakan anak-anak para profesional, setengah dari
mereka anak para pengusaha dan hanya 7 persen datang dari kelas pekerja atau
buruh
4.
Di sisi lain anak kelompok ini,
terlibat dalam perkara kriminal, DO, gagal dalam pekerjaan. Mereka kurang
sukses karena secara emosional kurang matang atau kurang motivasi dibanding
yang lain
Karakteristik
anak gifted
a.
Memiliki penjelasan yang bagus
b.
Pengamat yang hebat
c.
Memiliki pendengaran yang tajam
d.
Memiliki banyak ide yang menarik
e.
Memiliki rasa ingin tahu yang
tinggi
f.
Perspektif dan insightfull
g.
Memiliki rasa humor yang tinggi
h.
Mungkin memiliki kemampuan yang
bagus dalam seni, sain, geometri, mekanik, eknologi atau musik
i.
Memiliki ingatan jangka panjang
yang sangat bagus
j.
Pengusaan kosa kata yang luas
k.
Pemahaman bacaan yang bagus
l.
Pemikiran matematis yang bagus
m.
Kemampuan verbal tingkat tinggi
dalam diskusi
n.
Lancar menggunakan komputer
o.
Memahami konsep abstrak
p.
Dapat melakukan pekerjaan yang
menantang
q.
Sangat kreatif dan imajinatif
Kesulitan
belajar anak Gifted
a.
Menunjukkan hiperaktifitas di sela
sela konsentrasi yang intensif
b.
Mudah terganggu dalam situasi gaduh
c.
Tidak dapat mengingat perintah tiga
tahap
d.
Sulit belajar fonem
e.
Sulit mengeja
f.
Sulit belajar fakta-fakta matematis
g.
Minta mengulang perintah
h.
Tidak mampu mengerjakan tes
i.
Tulisannya tidak terbaca
j.
Tidak menyelesaikan tugas tertulis
k.
Sulit menyelesaikan tugas-tugas
sederhana tetapi bagus dalam konsep
l.
Tidak merespon remedial dengan baik
Anak Terbelakang
(retarded)
a.
Merupakan area bermasalah lain dari
kecerdasan ekstrim, yaitu mereka yang memiliki IQ di bawah 70.
b.
Klasifikasi tradisional membagi
mereka menjadi: moron (IQ 50-70), imbecile (20-50) dan idiot (dibawah 20)
c.
Pembagian lain menjadi mild
(50-70), moderate (36-50), Severe (20-36) dan profound (di bawah 20)
3.
Perbedaan
kepribadian
Kepribadian adalah pola perilaku
dan cara berfikir yang khas yang menentukan penyesuaian diri seseorang dengan
lingkungan. Ada 2 model yang mencoba meninjau perbedaan kepribadian yaitu model
big five dan model Brigg-Myers :
1.
Model Big Five
Model yang diajukan oleh Lewis
Golderg yang melihat kepribadian seseorang berdasarkan lima dimensi yaitu:
a.
Extroversion, orang yang menikmati
keberadaanya bersama orang lain, penuh energi serta mengalami emosi positif.
b.
Agreeableness, berhubungan dengan
kerjasama dan harmoni sosial
c.
Conscientiousness, berkaitan dengan
cara kita mengontrol, mengatur dan memerintah impuls
d.
Neoroticism atau sebaliknya
stabilitas emosional
e.
Opennes to experience
2.
Model
Brigg-Myers (MBTI)
a.
Dikenal dengan model big four, yang
meliputi empat dimensi yakni:
b.
Extraversion (E) versus
Introversion
c.
Sensing (S) versus Intuition (N)
d.
Thinking (T) versus Feeling (F)
e.
Judging (J) versus Perceptive (P)
Perbedaan
Kelompok
Kelompok adalah kumpulan dari dua
orang atau lebih yang berinteraksi dan mereka saling bergantung
(interdependent) dalam rangka memenuhi kebutuhan dan tujuan bersama, meyebabkan
satu sama lain saling mempengaruhi (Cartwright & Zander, 1968; Lewin,
1948).
Menurut Forsyth kelompok
mempunyai ciri-ciri interaksi, struktur, tujuan, groupness, atau unity.
Berkaitan dengan macamnya, kelompok dapat dibedakan atas :
1.
Besar kecilnya kelompok atau ukuran
kelompok
2.
Tujuan; orang-orang yang mempunyai
tujuan sama akan membentuk suatu kelompok tersendiri.
3.
Value (nilai) ; orang-orang yang
mempunyai nilai sama akan membentuk suatu kelompok tersendiri
4.
Duration (waktu lamanya). Dalam hal
ini terdapat kelompok yang relative cukup panjang atau pendek.
5.
Scope of activitis, misalnya
keluarga merupakan kelompok yang mengandung banyak aktivitas,berbeda dengan
kelompok belajar yang aktivitasnya sangat terbatas.
6.
Minat, orang-orang yang mempunyai
minat sama akan membentuk suatu kelompok tersendiri
7.
Daerah asal, orang-orang yang
berasal dari daerah yang sama akan membentuk suatu kelompok tersendiri
8.
Formalitas, dalam hal ini terdapat
dua kelompok yaitu kelompok yang formal dan ada yang informal
0 Comments:
Post a Comment