Header Ads

28 October 2014

ANALISA PERBEDAAN INDIVIDU FILM COLLEGE ROAD TRIP

VARIASI INDIVIDU DAN KELOMPOK
1.      Perbedaan Individual
a.       Melanie Porter
1.      Fisik          : Tubuh gemuk, kulit hitam (keturunan negro), tinggi, rambut panjang pirang, hidung mancung.
2.      Psikis         : Ingin bertindak sesuai keinginannya, menginginkan kebebasan dalam menentukan masa depannya, memiliki kecerdasan yang tinggi, semangat dalam melanjutkan studi, menyayangi keluarganya, suka berkumpul dengan teman-temannya.
b.      James Porter
Fisik          : Tubuh gemuk, kulit hitam (keturunan negro), rambut hitam, berkumis, tinggi
Psikis         : Overprotektif terhadap anak,tapi sebenarnya dia sangat sayang terhadap anaknya, orang tua yang baik  dan bertanggungjawab, tidak menyukai babi  Boudini.
c.       Michelle
Fisik          : Tubuh gemuk, kulit hitam (keturunan negro), rambut pirang sebahu.
Psikis         : Sayang terhadap keluarga, perhatian, bijaksana, mementingkan pendidikan yang bagus untuk anaknya.
d.      Trey
Fisik          : Tubuh kurus, kulit hitam (keturunan negro), rambut keriting hitam.
Psikis         : Sering melakukan sesuatu bersama babinya, anak yang cerdas dalam perkembangannya,
e.       Nancy
Fisik          : Tubuh langsing, kulit putih, rambut pirang, tinggi
Psikis         : Teman yang baik, suka bekumpul dengan temannya, perhatian
f.       Katy
Fisik          : Tubuh langsing, kulit putih, rambut pirang, tinggi
Psikis         : Teman yang baik, suka bekumpul dengan temannya, perhatian
g.      Wendy
Fisik          : Tubuh langsing, kulit putih, rambut pirang,
Psikis         : Cerewet, suka bernyanyi, suka mengejek, sangat kompak dengan ayahnya
h.      Tracy         :
Fisik          : Tubuh sedang, kulit hitam (keturunan negro), tinggi
Psikis         : Baik, perhatian.
i.        Scooter     
Fisik          : Tubuh sedang, kekar, kulit putih, tinggi, rambut pirang
Psikis         : Cerewet, suka bernyanyi, perhatian.
2.      Perbedaan Kelompok
a.       Keluarga Porter                 :
Keluarga berkulit hitam yang bahagia dan kompak, namun sang ayah terlalu overprotektif terhadap anaknya sehingga membuat anakya merasa tertekan.Trey si anak bungsu selalu bermain dengan babinya sehingga membuat sang ayah benci terhadapnya.
b.      Keluarga O’Mally             :
Menginginkan anak yang seperti Melanie yang cerdas, karena istri O’Mally sedang hamil.
c.       Melanie dan Sahabatnya   :
Suka pergi ke pesta bersama (bersenang-senang)
d.      Keluarga Wendy               :
Suka pamer bernyanyi, suka mengejek tetapi baik dan perhatian, cerewet, ayah dan anak yang kompak.
e.       Nenek Melanie dan Teman-temannya:
Suka berpesta dengan teman-teman seumurannya,mereka takut ketahuan akan perilaku mereka.
Bagaimana psikologi memandang hal ini?
            Lingkungan sangat berpengaruh terhadap pola kehidupan tokoh Melanie yang hidup di perkotaan terpenmannyagaruh oleh pola kehidupan teman-teman SMA nya di perkotaan. Hidup dalam hura-hura dan suka berpesta di malam hari, sebenarnya Melanie anak yang patuh pada orang tuanya, namun pengaruh temanpoliannya yang kemudian menjadikannya berubah berbeda dengan ayahnya, ayanhnya yang menjadi seorang polosi memiliki lingkungan  disiplin walau kehidupan dia yang menjadi seorang polisi mempengaruhinya dikehidupan keluarganya, dia menjadi sangant displin terhadap anak-anaknya bahkan bisa dikatakan terlalu protektif, namun demikian sebenarnya dia sangat saying kepada keluarganya khususnya kepada anak-anaknya.

Pengertian Perbedaan Individual
            Salah satu karakteristik pembelajaran yang efektif jika pembelajaran dapat merespon kebutuhan khusus siswa, karena adanya perbedaan individual. Perbedaan Individual berkaitan dengan psikologi pribadi yang menjelaskan perbedaan psikologis antara orang-orang serta berbagai kesamaannya. Psikologi Perbedaan individual menguji dan menjelaskan bagaimana orang-orang berbeda dalam berfikir, berperasaan dan bertindak.
Sumber Perbedaan Individual
1.      Faktor Bawaan
            Merupakan faktor biologis yang diturunkan melalui pewarisan genetik dari orang tuanya.
2.      Faktor Lingkungan
a.       Status ekonomi sosial orang tua, yang meliputi; tingkat pendidikan orang tua, pekerjaan orang tua dan penghasilan orang tua.
b.      Pola Asuh Orang tua, yakni pola perilaku yang digunakan untuk berhubungan dengan anak-anaknya (otoriter, permisif dan autoritatif)
c.       Budaya, merupakan pikiran, akal budi dan hasil karya manusia (adat istiadat)
d.      Urutan Kelahiran
Macam-macam perbedaan Individu
1.      Perbedaan Jenis kelamin dan gender
            Istilah jenis kelamin dan gender sering dipertukarkan dan dianggap sama. Jenis kelamin menunjuk pada perbedaan biologis dari laki-laki dan perempuan, sementara gender merupakan aspek psikososial dari laki-laki dan perempuan. Perbedaan muncul dari apa yang diajarkan Perbedaan Gender dan Prestasi di kelas
            Pola-pola interaksi guru-siswa, siswa-siswa, isi kurikulum serta ujian ditengarai banyak menunjukkan bias gender. Prestasi akademik tidak bisa dijelaskan melalui perbedaan jenis kelamin, tetapi karena faktor sosial dan budaya . Faktor familiaritas siswa terhadap mata pelajaran, perubahan aspirasi pekerjaan, persepsi terhadap pelajaran tertentu dianggap tipikal gender tertentu, gaya penampilan laki-laki dan perempuan serta harapan guru.
2.      Perbedaan Kemampuan
            Kemampuan sering diartikan kecerdasan. Kecerdasan adalah kemampuan dalam belajar. Kemampuan umum diartikan sebagai prestasi komparatif individu dalam berbagai tugas, termasuk memecahkan masalah dengan waktu tertentu .
Perbedaan Kecerdasan dapat dipahami dari perbedaan skor IQ
Tabel IQ yang dikembangkan Wechsler
IQ
Deskripsi
Di atas 130
Very Superior
120 - 129
Superior
110 - 119
Bright Normal
90 - 109
Average
80 - 89
Dull Normal
70 - 79
Borderline
Di bawah 70
Defective

Gifted
1.      Anak yang memiliki skor tes kecerdasan di atas 130
2.      Jumlahnya 1% dari paling atas dari populasi
3.      Hasil penelitian menunjukkan, sepertiga dari mereka merupakan anak-anak para profesional, setengah dari mereka anak para pengusaha dan hanya 7 persen datang dari kelas pekerja atau buruh
4.      Di sisi lain anak kelompok ini, terlibat dalam perkara kriminal, DO, gagal dalam pekerjaan. Mereka kurang sukses karena secara emosional kurang matang atau kurang motivasi dibanding yang lain
Karakteristik anak gifted
a.       Memiliki penjelasan yang bagus
b.      Pengamat yang hebat
c.       Memiliki pendengaran yang tajam
d.      Memiliki banyak ide yang menarik
e.       Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi
f.       Perspektif dan insightfull
g.      Memiliki rasa humor yang tinggi
h.      Mungkin memiliki kemampuan yang bagus dalam seni, sain, geometri, mekanik, eknologi atau musik
i.        Memiliki ingatan jangka panjang yang sangat bagus
j.        Pengusaan kosa kata yang luas
k.      Pemahaman bacaan yang bagus
l.        Pemikiran matematis yang bagus
m.    Kemampuan verbal tingkat tinggi dalam diskusi
n.      Lancar menggunakan komputer
o.      Memahami konsep abstrak
p.      Dapat melakukan pekerjaan yang menantang
q.      Sangat kreatif dan imajinatif
Kesulitan belajar anak Gifted
a.       Menunjukkan hiperaktifitas di sela sela konsentrasi yang intensif
b.      Mudah terganggu dalam situasi gaduh
c.       Tidak dapat mengingat perintah tiga tahap
d.      Sulit belajar fonem
e.       Sulit mengeja
f.       Sulit belajar fakta-fakta matematis
g.      Minta mengulang perintah
h.      Tidak mampu mengerjakan tes
i.        Tulisannya tidak terbaca
j.        Tidak menyelesaikan tugas tertulis
k.      Sulit menyelesaikan tugas-tugas sederhana tetapi bagus dalam konsep
l.        Tidak merespon remedial dengan baik

Anak Terbelakang (retarded)
a.       Merupakan area bermasalah lain dari kecerdasan ekstrim, yaitu mereka yang memiliki IQ di bawah 70.
b.      Klasifikasi tradisional membagi mereka menjadi: moron (IQ 50-70), imbecile (20-50) dan idiot (dibawah 20)
c.       Pembagian lain menjadi mild (50-70), moderate (36-50), Severe (20-36) dan profound (di bawah 20)
3.      Perbedaan kepribadian
            Kepribadian adalah pola perilaku dan cara berfikir yang khas yang menentukan penyesuaian diri seseorang dengan lingkungan. Ada 2 model yang mencoba meninjau perbedaan kepribadian yaitu model big five dan model Brigg-Myers :
1.      Model Big Five
            Model yang diajukan oleh Lewis Golderg yang melihat kepribadian seseorang berdasarkan lima dimensi yaitu:
a.       Extroversion, orang yang menikmati keberadaanya bersama orang lain, penuh energi serta mengalami emosi positif.
b.      Agreeableness, berhubungan dengan kerjasama dan harmoni sosial
c.       Conscientiousness, berkaitan dengan cara kita mengontrol, mengatur dan memerintah impuls
d.      Neoroticism atau sebaliknya stabilitas emosional
e.       Opennes to experience
2.      Model Brigg-Myers (MBTI)
a.       Dikenal dengan model big four, yang meliputi empat dimensi yakni:
b.      Extraversion (E) versus Introversion
c.       Sensing (S) versus Intuition (N)
d.      Thinking (T) versus Feeling (F)
e.       Judging (J) versus Perceptive (P)

Perbedaan Kelompok
Kelompok adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang berinteraksi dan mereka saling bergantung (interdependent) dalam rangka memenuhi kebutuhan dan tujuan bersama, meyebabkan satu sama lain saling mempengaruhi (Cartwright & Zander, 1968; Lewin, 1948).
Menurut Forsyth kelompok mempunyai ciri-ciri interaksi, struktur, tujuan, groupness, atau unity. Berkaitan dengan macamnya, kelompok dapat dibedakan atas :
1.      Besar kecilnya kelompok atau ukuran kelompok
2.      Tujuan; orang-orang yang mempunyai tujuan sama akan membentuk suatu kelompok tersendiri.
3.      Value (nilai) ; orang-orang yang mempunyai nilai sama akan membentuk suatu kelompok tersendiri
4.      Duration (waktu lamanya). Dalam hal ini terdapat kelompok yang relative cukup panjang atau pendek.
5.      Scope of activitis, misalnya keluarga merupakan kelompok yang mengandung banyak aktivitas,berbeda dengan kelompok belajar yang aktivitasnya sangat terbatas.
6.      Minat, orang-orang yang mempunyai minat sama akan membentuk suatu kelompok tersendiri
7.      Daerah asal, orang-orang yang berasal dari daerah yang sama akan membentuk suatu kelompok tersendiri
8.      Formalitas, dalam hal ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok yang formal dan ada yang informal


0 Comments:

Post a Comment